Apa Itu Satelit

Apa itu satelit - Kata Satelit, mungkin sudah familiar di telinga agan, tapi mungkin bagi sebagian orang walaupun sering mendengar nama satelit namun secara definisi, jenis ataupun cara kerjanya ada yang belum tahu. 





Apa itu satelit ?
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, satelit adalah bintang siarah yang mengedari bintang siarah yang lebih besar, misalnya bulan yang mengedari bumi. Satelit dapat mengelilingi planet karena adanya gaya gravitasi planet.

Berapa ketinggian yang dapat dicapai satelit ?
Ketinggian satelit dibedakan menjadi tiga macam, diantaranya :
1. Satelit LEO (Low Earh Orbit), berada 500 - 2000 km diatas permukaan bumi.
2. Satelit MEO (Medium Earth Orbit), berada 8.000-20.000 km di atas permukaan bumi.
3. Satelit GEO (Geosynchronous Orbit), berada 35.786 km di atas permukaan bumi.

Bagaimana cara kerja ?
Seluruh pergerakan satelit dipantau dari bumi atau yang lebih dikenal dengan stasiun pengendali atau Master Control Station. Cara kerja dari satelit yaitu dengan cara uplink dan downlink. Uplink yaitu transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit, sedangkan downlink yaitu transmisi dari satelit ke stasiun bumi. 

Pada dasarnya, komunikasi satelit dan cara kerjanya berguna sebagai repeater di langit, satelit juga menggunakan transponders, yaitu alat yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah. 

Umumnya komunikasi satelit menggunkan begit banyak transponders. Hal lain yang penting perannya dalam jaringan komunikasi satelit adalah antena satelit, karena benda ini berfungsi sebagai penerima transisi di setiap wilayah di dunia.

Antena satelit juga sangat penting peranannya dalam jaringan komunikasi satelit. Karena benda yang ini berfungsi sebagai penerima transimisi di setiap kawasan di dunia. Sedangkan satellite spacing (penempatan satelit) digunakan agar dalam melakukan transmisi lebih mudah berdasarkan kawasannya.


Demikian info dari Venom Cyber mengenai Satelit. Semoga bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.