Apa Itu Cloud Computing

Cloud computing - mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing ini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan media sosial.
 

Cloud Computing adalah proses penyimpanan data komputer dan akses website komputer secara online. Cloud Computing merupakan teknologi yang menjadi pusat untuk mengakses data dan akses aplikasi komputer. 

Secara umum definisi cloud computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer - komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama.
 
Apa manfaat Cloud Computing ? 
1. Keamanan Data
2. Semua data tersimpan di Server secara terpusat
3. Investasi Jangka Panjang
4. Semua data tersimpan di Server secara terpusat


Bagaimana cara kerja Cloud Computing ?
Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet yang tersambung ke program untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Infrastruktur seperti media penyimpanan data dan juga instruksi dari pengguna disimpan secara virtual melalui jaringan internet kemudian perintah - perintah tersebut dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Contohnya lewat penggunaan email. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh pihak penyedia email. Software dan juga memori atas data pengguna tidak berada di komputer tetapi terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Demikian info dari Venom Cyber mengenai Cloud Computing. Semoga bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.