Apa Itu Overclocking

Apa Itu Overclocking Processor - Pasti agan agan pernah mengalami dimana komputer yang sudah lama dipakai dan kinerja sudah sangat lambat sekali.

Cukup merepotkan jika komputer harus dimatikan disaat kita sedang asik-asiknya bermain. Namun seperti itulah komputer yang mempunyai batas kemampuan. Dari kejadian itu ane sempat dapat saran untuk melakukan overclock.

Jadi apa itu overclock ?
Overclock merupakan proses untuk membuat sebuah komputer yang berjalan pada kecepatan yang sangat tinggi daripada spek yang dimilikinya. Dengan kata lain, Overclock dapat dianggap sebagai langkah untuk memaksa sebuah komputer melebihi batas kemampuan komputer tersebut.

Hal ini akan membuat komputer CPU agan bekerja lebih cepat, tetapi akan ada komponen yang menghasilkan panas luar biasa dan membutuhkan pendinginan yang tepat. Kalau agan tidak memberikan pengaturan pendinginan yang tepat, salah satu bahkan beberapa komponen komputer akan menjadi rusak.

Overclock biasanya diukur dengan menggunakan sebuah satuan Megaherzt (Mhz) atau Gigaherzt (Ghz). Yang biasanya sebuah komponen yang sering di Overclock yaitu RAM, VGA, dan Prosessor. 

Apa keuntungan dari overclock ? 
Keuntungan overclocking cukup jelas, kalau komputer agan akan berjalan lebih cepat dari biasanya. Terutama bagi Penggemar game, pastinya akan tertarik untuk melakukan overclock. Karena perangkat yang bisa dioverclock sejauh ini pada Processor, VGA, dan Ram, akan tetapi setiap komponen pc/laptop itu tidak selalu bisa dioverclock dan intinya bisa disebut memaksimalkan kemampuan hardware dan melebihi kemampuan hardware.

Apa kerugian dari overclock ?
Dalam penggunaan overclock yang cukup lama, perangkat perangkat pada komputer akan mengeluarkan panas yang berlebih, karena performanya dipaksakan melampaui batas.
Selain masalah yang berhubungan dengan panas, overclocking pada umumnya menjalankan risiko melebihi batas keselamatan yang dirancang ke dalam komputer. Sirkuit yang nyaris tidak menjaga pada kecepatan clock yang lebih tinggi, memungkinkan menyebabkan reboot spontan, sistem crash.

Jika agan ingin melakukan overclocking, lebih baik dipikir pikir dulu, gan. Karena overclocking ada manfaatnya dan kekurangannya.

Demikian info dari Venom Cyber mengenai Overclocking. Semoga bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.