Troubleshooting Jaringan Pada Lapisan Fisik


Untuk anak TKJ pasti tau Lapisan fisik (Physical Layer) kan? Nah, bagi yang belum tau, ane jelasin disini. .

Physical Layer merupakan lapisan dasar dari semua jaringan dalam model referensi OSI dimana lapisan ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal data analog maupun digital. Selain itu, lapisan fisik dapat digunakan untuk menentukan karakteristik dari kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam jaringan . 

Masalah Yang Terjadi Pada Lapisan Fisik
  1. Kerusakan pada kabel dan konektor jaringan
    Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.

  2. Gangguan atau kerusakan pada HUB/Switch
    Hub/switch merupakan terminal atau pembagi sinyal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server.
    Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, namun jika HUB yang kita gunakan memang benar-benar positif rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang baru .

  3. Masalah jaringan karena kegagalan sistem
    Kegagalan sistem bisa saja karena ada masalah dengan DHCP server anda sehingga clients tidak menerima IP address. Atau bisa saja karena ada masalah dengan sistem Directory Services anda sehingga clients tidak bisa login ke jaringan. Atau bisa saja karena ada masalah dengan register nama pada sistem DNS.

  4. Ledakan virus
    Masalah jaringan yang bukan karena kegagalan infrastruktur jaringan fisik, akan tetapi sistem jaringan akan kebanjiran traffic dari pengaruh virus yang menyerang sistem server dan menulari ke semua komputer dalam jaringan. Kinerja dari sistem jaringan anda akan menjadi sangat pelan. Apa yang bisa dilakukan dengan serangan virus ini adalah menerapkan best practice security policy.

  5. Local Area Connection tidak muncul
    Hal ini kemungkinan tidak adanya driver Network Adapter, jadi yang harus dilakukan adalah menginstal Driver Network Adapter. Biasanya setelah menginstal driver akan mucul Local Area Connetion.

  6. Kegagalan piranti jaringan
    Skala gangguan akibat dari kegagalan piranti jaringan juga bisa bervariasi, dari hanya sebuah komputer karena kegagalan NIC, beberapa komputer karena kegagalan switch, atau bahkan berskala luas karena kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan Lan card di salah satu komputer bisa diganti dengan network card cadangan anda.