Penyebab Utama Kerusakan Harddisk

Harddisk Bad Sector - istilah ini pasti masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi istilah ini sangat penting bagi para pengguna komputer, apalagi OP Warnet (canda gan hehe). 


Bad sector pada harddisk harus diperhatikan karena dapat menyebar dan membuat kinerja komputer menjadi terganggu. Harddisk komputer yang terkena bad sector biasanya membuat Sistem Operasi berjalan tidak normal, data data hilang, dan banyak software yang tidak dapat dijalankan.

Kerusakan harddisk ini dapat dihindari, jika pengguna mengerti apa saja yang menyebabkan bad sector. Inilah beberapa penyebab bad sector :

  1. Terlalu seringnya komputer mati mendadak, biasanya disebabkan oleh seringnya mati listrik. Dan dapat dihindari dengan cara menggunakan UPS untuk menyimpan daya sementara dan terbatas. Lumayan lah masih ada waktu buat save skripsi sama matiin komputer hehe..

  2. Overload listrik, hampir sama dengan yang pertama tetapi penyebab yang ini adalah overload listrik, dapat dikatakan terlalu besar aliran listrik yang diterima oleh komputer. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada harddisk atau komponen lainnya.

  3. Harddisk jatuh, saat hardisk terjatuh atau terkena guncangan yang keras, harddisk yang lemah akan cepat rusak.

  4. Human error, ini terjadi karena kesalahan manusia itu sendiri, dapat karena terkena air atau jatuh ketika membersihkan CPU.

  5. Umur harddisk, jika harddisk sudah cukup lama dan selalu bekerja terus menerus, sudah waktunya anda memback-up file atau data penting ke harddisk lainnya.

  6. Terlalu banyak virus, virus tidak hanya menyerang aplikasi saja, teekadang virus juga dapat menyerang Sistem Operasi hingga komponen komputer terutama harddisk. Anda dapat membaca disini untuk mengetahui jenis - jenis virus pada komputer.

  7. Mematikan komputer secara paksa, penyebab terakhir ini biasanya dilakukan ketika pengguna malas untuk mematikan komputer dengan prosedur yang benar, kadang dilakukan dengan mencabut kabel power langsung atau mematikan langsung dengan tombol power. Itu dapat menyebabkan kerusakan hardware komputer secara massal

Demikian info dari Venom Cyber, semoga artikel ini berguna bagi Bangsa dan Negara.