Apa Itu Keylogger?

Keylogger merupakan software/hardware yang mencatat semua tekanan tombol keyboard. Catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian itu lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan. 

Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang. Tentu saja itu dilakukan tanpa sepengetahuan si korban. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna computer melakukan tindakan tertentu. 
 
Keylogger dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak.
Keylogger yang berupa hardware besarnya seukuran baterai ukuran AA. Keylogger jenis ini dipasangkan pada ujung keyboard, sehingga mencegat data yang dialirkan dari keyboard ke CPU. Sementara itu, keylogger dalam bentuk perangkat lunak terpasang di dalam komputer dan bekerja secara tersembunyi. Cara sederhana untuk menghindari dampak adanya keylogger pada sistem operasi Microsoft Windows adalah dengan menggunakan fitur on-screen keyboard (osk.exe).

CARA MENGATASI KEYLOGGER :
  1.  Menggunakan One-Screen Keyboard.
    Cara ini merupakan cara yang cukup praktis yakni dengan menggunakan aplikasi On Screen Keyboard. Tapi bahayanya jika kamu di warnet karena bisa saja orang yang duduk disampingmu bisa melihatnya dengan mudah.
    • Tekan tombil Windows + R
    • Ketikkan "osk.exe" (tanpa tanda petik)
  2.  Login password dengan cara maju - mundur.
    Mengetik maju mundur ? maju mundur cantik? (canda, gan xD). Maksudnya begini :
    Misal kamu mau mengetik password berupa "komputer" kamu ketik "k" terus "m" terus arahkan pointer diantara k dan m lalu kamu ketikkan "o" terus balik lagi ke setelah huruf "m" dan ketikan huruf "p","u","t","r" lalu ketikan huruf "e" diantara "t" dan "r".
    Maka keylogger akan membaca passwordmu sebagai "kmoputre" sedangkan kamu akan login dengan password "komputer"

  3.  Menggunakan software anti Keylogger..
    Dengan Software Anti-Keylogger kita bisa membunuh keylogger yang terpasang pada komputer/laptop.
    Silahkan bagi kalian yang ingin download Softwarenya :
    Btw, pilih salah satu, gan xD