Anonymous? Siapa mereka?

Banyak yang selama ini beranggapan bahwa Hacking adalah sejenis aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang yang kurang kerjaan dengan tujuan jahat. Namun sepertinya tidak selamanya demikian. 

Setidaknya seperti kelompok yang bernama Anonymous, mereka bahkan dijuluki Hacktivist atau aktivis peretas. Para anggotanya merahasiakan identitas di depan publik dengan mengenakan topeng Guy Fawkes atau yang biasa dikenal V for Vendetta. 

CIRI KHAS TOPENG KELOMPOK ANONYMOUS :

  • Desainnya seperti wajah
  • Selalu berjenggot dan berkumis
  • Raut wajah ceria
 Mereka juga memiliki slogan yang cukup terkenal :

We Are Anonymous
We Are Legion
We Do not Forgive 
We Do not Forget 
Expect us!!

Anonymous adalah kelompok hacker yang sangat terkenal dan memiliki komunitas terbesar di dunia. Kemampuan mereka di bidang hacking seolah tak tertandingi. Mereka dengan mudahnya dapat meretas ratusan situs raksasa yang ada di dunia ini hanya dalam waktu singkat, baik itu situs pemerintahan, perusahaan dan situs-situs penyedia layanan internet lainnya. Anonymous sering manggunakan serangan dalam bentuk DDoS (Distributed Denial of Service). 

Anonymous ada kalanya terlihat sebagai Robin Hood. Why? Situs-situs yang menjadi sasaran serangan kelompok ini adalah situs-situs milik perusahaan Kapitalisme global dan pemerintahan yang dianggap telah melakukan kebijakan dan tindakan yang merugikan pihak lain dan rakyat banyak. 

Anonymous juga tak jarang meretas situs-situs pemerintahan yang  dianggap melakukan aktivitas dan mengeluarkan kebijakan yang merugikan orang banyak. Terutama pemerintahan yang membatasi kebebasan atau melakukan kontrol yang sangat ketat terhadap aktivitas untuk mengakses internet warga negaranya. Oleh karenanya, beberapa kelompok hacker di dunia, termasuk Anonymous ada kalanya menjadikan aktivitas hacking sebagai bentuk protes terhadap berbagai ketidakadilan sosial, politik, hukum dan ekonomi terhadap pihak-pihak yang sulit bahkan tidak akan dapat dijerat oleh hukum

 MAKNA LAMBANG KELOMPOK ANONYMOUS :

  1. Tanda tanya (?) : Identitas dari mereka tidak diketahui dan sulit dilacak (tersembunyi) 
  2. Pakaian Tuxedo : Pakaian yang identik dengan Pemerintahan 
  3. Bumi : Mereka merupakan penyelamat dunia dengan beraksi lewat dunia maya
  4. 2 Gambar tumbuhan : Tujuan mereka untuk memberikan kesejahteraan bagi dunia
  5. Lingkaran outline : Semua lambang yang ada didalamnya merupakan tujuan adanya anonymous.
Salah satu pesan Anonymous : "Waktunya telah tiba bagi orang-orang di dunia untuk bersatu. Anda tidak dapat menunggu untuk sebuah Revolusi, anda adalah revolusi itu sendiri, kami adalah revolusi, kekuatan kami adalah pada jumlah."